Potensi Hilangnya Pendapatan Karena Website Tidak Mobile-Friendly

Gambar Optimasi Mobile Friendly Website AfiliasiSuatu hari Anda mugkin pernah mengunjungi sebuah website melalui smartphone Android Anda dan mendapati tampilan website tersebut kacau sekali. Anda susah mencari menu untuk navigasi website tersebut, untuk membaca teksnya Anda harus menggeser layar ke kiri dan ke kanan, atau perlu men’cubit’ layar untuk men-zoom artikelnya yang terlalu kecil atau mungkin terlalu besar.

Betapa ribetnya sebagai pengunjung. Kita mungkin akan ‘trauma’ untuk mengunjungi kembali website atau blog seperti itu.

Nah, bagaimana kalau website atau blog itu adalah milik kita dan kita tidak melakukan apapun untuk mengatasi itu.

Kalau website itu dipakai untuk bisnis atau dipasangi iklan, iklan afiliasi KlikBayi misalnya. Berapa potensi Anda kehilangan calon pembeli yang tidak jadi mengunjungi website Anda, atau malas mengeksplor isi blog Anda karena website Anda tidak mobile-friendly.

Gambar cuplikan pengunjung live website afiliasi
Cuplikan pengunjung live Google Analytic. Pengunjung desktop dan mobile hampir sama jumlahnya.

Gambar di atas cukup menggambarkan bagaimana pengguna perangkat mobile seperti smartphone dan tablet kini jumlahnya hampir sama bahkan bisa melampui pengguna internet desktop (komputer).

Lebih ruginya lagi, karena sangat pentingnya mobile friendly website ini di mata Google, kini ranking atau posisi website di search engine ditentukan juga oleh faktor ini.

Website atau blog Anda akan kehilangan posisi ranking di hasil pencarian apabila website Anda tidak menyediakan tampilan khusus untuk pengguna mobile atau desain tampilan website Anda tidak responsif untuk mobile.

Anda pemilik blog/website yang belum menerapkan ini, ada dua pilihannya:

  • Tetap mempertahankan website Anda seperti itu, dan melihat ranking website terus turun, pengunjung terus berkurang dan penghasilan website Anda terus berkurang. Atau..
  • Menyesuaikan tampilan website Anda agar bisa diakses dari beragam perangkat baik mobile, tablet ataupun desktop dengan tampilan yang user friendly.

Untuk membuat tampilan website mobile friendly, pilihannya ada dua juga:

  1. Membuat beberapa versi tampilan website yang menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan untuk membuka website Anda. Jadi minimal ada dua tampilan, untuk desktop dan untuk mobile. Cara ini kini semakin ditinggalkan karena tampilan website tidak fleksibel untuk beragam gadget yang ada saat ini, yang mana engantarkan kita ke pilihan berikutnya..
  2. Membuat tampilan website yang responsif. Ya, responsif yang bisa menyesuaikan atau mengikuti perangkat yang dipakai oleh pengguna internet. Pemilik website atau blog tidak perlu terlalu khawatir karena sudah tersedia banyak theme atau template gratis yang bisa kita gunakan yang sudah responsif.

Nah, sudahkan website/blog Anda menggunakan desain yang responsif?

Leave a Reply